05 November 2020

Bagaimana kitir perkutut tidak hilang atau rusak?

ELY MULYADI, SE, M.KOM

Pastikan kitir silsilah perkutut Anda tidak hilang atau rusak, karena mahal tidaknya harga perkutut juga dipengaruhi oleh keturunan.

Halo Sobat E-Solusindo

Perkutut jawa (Geopelia striata) adalah spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya.

Perkutut jawa (sering kali di sebut dengan perkutut lokal) memiliki tubuh berukuran kecil (21 cm). Tubuh ramping, ekor panjang. Kepala abu-abu, leher dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi hitam. Bulu sisi terluar ekor kehitaman dengan ujung putih. Iris dan paruh abu-abu biru, kaki merah jambu tua. Hidup berpasangan atau kelompok kecil. Makan di permukaan tanah. Kadang berkumpul untuk minum di sumber air. Sarang berbentuk datar tipis dari ranting-ranting. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari-September.

Burung yang terkenal akan suara kicaunya yang merdu dan nyaring ini sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan burung perkutut ini memiliki kontes bertaraf nasional setiap tahunnya, maka tidak heran jika harga burung perkutut bisa menguras kantong..

Setiap burung perkutut memiliki kitirnya masing – masing, yang dibuat oleh para peternak perkutut. Sebelum itu apakah itu kitir? Kitir merupakan akte kelahiran setiap peternak untuk mendokumentasikan setiap hasil ternak yang berisi silsilah perkutut.

Bukan hanya dari suara yang nyaring dan merdu. perkutut yang terbaik adalah perkutut yang memiliki silsilah yang jelas dan berasal dari indukan yang terbaik. Melihat harga burung pekutut yang memiliki nilai jual yang tinggi dengan faktor keturunan yang juga ikut mempengaruhi sehingga silsilah perkutut perlu tercatat dengan rinci dan rapi.

Jadi itulah mengapa setiap burung perkutut memiliki kitirnya masing – masing. Karena semakin kita mengetahui silsilah perkutut tersebut, nilai jual perkutut tersebut akan semakin tinggi.

Kali ini kita bakal bahas aplikasi E-Kitir yang baru-baru ini dilaunching oleh teman – teman di CV E-Solusindo. Aplikasi E-Kitir ini erat kaitannya dengan para penggemar perkutut. Mungkin bagi masyarakat yang awam perihal burung perkutut, pasti  tidak percaya bahwa ada burung perkutut yang pernah ditawar seharga jutaan sampai miliaran rupiah per ekornya. Harga setiap burung perkutut bergantung kepada sebagus apa kicauan dan seberapa sering burung perkutut tersebut memenangkan perlombaan.

Mungkin teman-teman disini juga penasaran apa sih yang bikin suatu burung perkutut bisa memiliki suara kicauan emas dan bisa sering menang perlombaan. Ternyata, selain faktor latihan, faktor keturunan burung perkutut menjadi salah satu faktor penting yang menentukan berhasil tidaknya budidaya burung perkutut.

Dalam perlombaan burung perkutut sendiri, kriteria yang dinilai adalah suara depan perkutut, suara tengah perkutut, suara ujung perkutut, irama perkutut, dan dasar suara perkutut. Kelima kriteria ini memiliki penilaian sendiri-sendiri dan sama-sama menentukan hasil akhir pelombaan burung perkutut.

Melihat harga burung pekutut yang memiliki nilai jual tinggi dengan faktor keturunan yang mempengaruhi sehingga silsilah perkutut perlu tercatat. E-Kitir adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dalam mengetahui setiap silsilah dari perkutut yang disertai tampilan kitir yang ada di setiap burung perkutut. Melalui E-Kitir kita bisa memastikan silsilah perkutut anda tercatat dengan baik karena perkutut bagus berasal dari trah juara

Aplikasi E-Kitir terdapat berbagai fitur yang menarik. Mulai dari mengetahui BirdFarm setiap burung, mengetahui silsilah dalam setiap burung, mengetahui kode ring dalam setiap burung, mengetahui jenis jenis setiap burung perkutut dan juga bisa digunakan untuk mengexpose perkutut jawara yang dimiliki oleh setiap birdfarm Selain itu dengan aplikasi ini dapat memudahkan birdfarm mengenal birdfarm lain seluruh Indonesia

Disini juga ada jenis untuk burung puter pelung kita dapat 

Penasaran bukan ? 

Jangan lupa akses aplikasinya di www.ekitir.com

Cetak kitir otomatis​

Melihat data perkutut ditampilkan dalam bentuk kitir

Melihat Profile birdfarm lain​

chat terintegrasi WA dengan birdfarm perkutut

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami