Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan serta menjaga daya tahan tubuh kita, mengkonsumsi suplemen, menghindari stress, dan menerapkan pola hidup sehat menjadi solusinya agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Sistem kekebalan tubuh bisa saja menurun jika bakteri, virus, makan makanan yang kurang sehat, kurang istirahat, dan stress adalah beberapa penyebab turunnya daya tahan tubuh. Perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti iklim yang tiba-tiba berubah terutama hujan adalah faktor pendorong yang menyebabkan tubuh kita drop.

Tentunya akan sangat merugikan bagi kita yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan jika kita sakit, dan akan merugikan bagi diri sendiri jika kita sakit serta menghambat aktivitas yang seharusnya bisa kita selesaikan saat tubuh kita fit. Berikut beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh kita :

  • Cukupi kebutuhan cairan Anda.
  • Tidur yang cukup.
  • Konsumsi asupan sehat. Nutrisi yang tepat sangat penting  tujuannya agar sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Makanan yang kita  konsumsi, bisa sangat memengaruhi kesehatan tubuh.
  • Minum suplemen makanan atau vitamin, namun efek suplemen bagi kekebalan tubuh secara umum masih perlu diteliti lebih lanjut.
  • Rutin berolahraga. Orang-orang yang jarang beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan bermalas-malasan, terbukti lebih mudah terserang flu atau penyakit menular lainnya. Oleh karena itu,  disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menghalau tubuh dari beragam penyakit dan infeksi.
  • Tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
Konsumsi Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Namun sebaiknya cek dulu kandungan suplemen yang akan anda konsumsi terlebih dahulu

  •  Vitamin C  merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Vitamin C dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh. Buah jeruk dan kentang sama-sama kaya akan vitamin C, sementara itu, banyak juga sari buah yang mengandung 100% vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.
  • Teh merupakan minuman herbal yang sangat berkhasiat bagi tubuh, minum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu memiliki kadar interferon penangkal serangan virus, 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang meminum minuman plasebo panas. Kandungan asam amino yang bertanggung jawab atas peningkatan daya tahan tubuh ini, L-theanin, sangat banyak dalam teh hitam dan teh hijau, bahkan teh nonkafein juga memilikinya! Dosis optimalnya adalah beberapa cangkir setiap hari.

  • Ginseng dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang paling terkenal di dunia. Ginseng dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda, menurunkan kadar gula darah, mampu memperbaiki mood, serta mengatasi kelelahan dan tekanan darah tinggi

        Kategori: Uncategorized

        Tinggalkan Balasan

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

        × Hubungi Kami